Memberikan informasi dalam dunia virtual

Rabu, 08 Mei 2013

Pengertian Cybercrime Dalam Arti Luas

Cyber crime berasal dari kata cyber yang berarti dunia maya atau internet dan crime yang berarti kejahatan. Jadi secara asal kata cybercrime  mempunyai pengertian segala bentuk kejahatan yang terjadi di dunia maya atau internet.
Menurut Andi Hamzah
dalam bukunya "Aspek-aspek Pidana di Bidang Komputer" (1989) mengatakan cybercrime sebagai kejahatan di bidang komputer yang secara umum dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara ilegal.
Cybercrime adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama. Cybercrime merupan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khusus nya internet. Cybercrime di definisikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi komputer yang berbasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet.
Dari berbagai sumber diatas pada dasarnya memiliki satu kesamaan bahwasannya Cybercrime merupakan salah satu tindak kriminalatau tindak kejahatan karena aktifitas cybercrime merugikan pihak korban bahkan ada beberapa kasus cybercrime yang mempunyai dampak lebih besar dari pada tindak kriminal di dunia nyata karena kerugian dari cybercrime berupa data-data yang tidak ternilai harganya dapat di rusak bahkan dicuri.
Cybercrime memiliki karakter unik yaitu :
* Ruang Lingkup Kejahatan
* Sifat Kejahatan
* Modus Kejahatan
* Jenis Kerugian Yang Ditimbulkan
Dari beberapa karakteristik diatas, untuk mempermudah penangannya maka cybercrime dapat di klasifikasikan sebagai berikut :
~Cyberpiracy
Cyberpiracy adalah penggunaan teknologi komputer untuk mencetak ulang software atau informasi, lalu mendistribusikan informasi atau software tersebut lewat teknologi komputer.
~Cybertrespass
Cybertrespass adalah penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan akses pada system komputer suatu organisasi atau individu.
~Cybervandalism
Cybervandalism adalah penggunaan teknologi komputer untuk membuat program yang menggagu proses transmisi elektronik, dan menghancurkan data komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar